Ainol NOVO7, Tablet Android 4.0 Pertama di Dunia

By
Sugeng Sutrisna
8 years ago

Jakarta – Sebelumnya banyak pihak yang memperkirakan Asus akan menjadi vendor pertama yang meluncurkan tablet berbasis Android 4.0. Namun perkiraan itu meleset, karena tablet tersebut telah diluncurkan lebih dulu oleh vendor asal China, Ainol.

Vendor penyedia perangkat prosesor asal China tersebut mengumumkan telah meluncurkan tablet Android 4.0 mereka yang diberi nama NOVO7. Tidak seperti kebanyakan tablet lainnya, NOVO 7 tidak menggunakan prosesor berjenis dual core.

Perangkat tablet ini disebutkan sudah mulai bisa didapat pada beberapa bulan kedepan dengan harga yang cukup murah yakni USD 100 tanpa subsidi. Prosesor yang digunakan oleh tablet Android 4.0 ini adalah 1GHz berbasis MIPS CPU Xburst.

Secara fisik tablet ini memiliki ukuran layar 7 inci berjenis kapasitif touchscreen. Untuk grafisnya dilengkapi dengan Vivante GC860 GPU dengan clock 444MHz. Alhasil, video dengan kualitas 1080p pun dapat diputarnya tanpa tersendat sedikitpun.

Untuk fitur multimedianya, terdapat kamera pada bagian belakang dengan resolusi 2 megapiksel. Sementara itu pada bagian depannya terpasang kamera dengan resolusi VGA. Dan pada sisi tablet ini sudah disediakan port USB 2.0 dan slot HDMI 1.3 serta Micro SD.

Melihat tablet pertama dengan Android 4.0 buatan Ainol ini, Andy Rubin Wakil Presiden Senior dari Google pun memujinya.

Saya sangat senang melihat Android 4.0 masuk ke pasar melalui MIPS. Tablet dengan biaya rendan dan kinerja yang tinggi merupakan kemenangan konsumen di pasar mobile, ujar Rubin, yang dilansir Engadget, Selasa (6/12).[tsn/hbs]{jcomments on}

View Comments